Akhirnya Datang Juga

ana10“Behind the Classroom Doors” Ini adalah judul dari hasil penelitian bapak John Goodlad beliau adalah seorang tokoh pendidikan Amerika Serikat , didalam penelitiannya beliau menyebutkan bahwa ketika para guru telah memasuki ruang kelas dan menutup pintu-pintu kelas itu, maka kualitas pembelajaran akan lebih banyak ditentukan oleh guru. Jika menyimak dari hasil penelitian tersebut Tentu kita berfikir apa yang dilakukan guru didalam kelas !. Mampukah mengajar dengan baik ? Apakah tidak menjadi sosok yang membosankan dimata siswa siswinya ?. Teringat ketika melakukan monitoring kegiatan BLM Kabupaten Bidang Pendidikan Pelaksanaan Pelatihan Guru Mata pelajaran bahasa indonesia, Matematika dan IPa menggunakan metodologi Pakem (Pengajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. ) di kabupaten Poso. Salah seorang guru Ibu Lussiana (Lussiana Y.Gafur) Sangat terharu dengan adanya pelaksanaan kegiatan tersebut pasalnya selama 20 tahun ibu Lussiana menjadi guru baru kali ini mengikuti pelatihan (Penataran istilah Ibu Lussiana ), Dengan terisak Ibu Lussiana menceritakan pengalamnnya sambil membandingkan apa yang sudah didapatkan selama mengikuti pelatihan ini, Menurutnya metode belajar yang dilakukan selama ini ternyata jauh dari metode pakem, misalkan pembelajaran dilakukan terpusat pada guru sebagai pengajar sehingga siswa siswi hanya menerima informasi sementara pada metode pakem diharapkan siswa siswi membangun pemahaman melalui pengalaman empiris. Tentu masih banyak guru guru yang seperti ibu Lussiana di luar sana, Paling tidak dengan adanya kegiatan pelatihan yang dilakukan melalui PNPM Daerah tetinggal dan khusus ini bisa mengangkat kualitas guru yang mengikuti pelatihan ini meliputi kemampuan :

  • Menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara inovatif
  • Memperluas dan menambah pengetahuan mengenai metode-metode pengajaran.
  • Memanfaatkan perencanaan guru secara kelompok untuk menciptakan dan mengembang-kan metode pengajaran yang relevan

Ada hal lain yang unik  dalam pelaksanaan pelatihan ini yaitu semua peserta wajib tidur dihotel, setiap kamar diperuntukkan untuk dua orang satu muslim dan satu non muslim hal ini dilakukan dalam rangka membangun komunikasi dan menjalin kekerabatan dan kebersamaan. (an.PMC)

 

3 Comments

  1. piu_p2dtk, jakarta said,

    February 25, 2009 at 1:21 pm

    untuk menjadi seorang guru yang tidak membosankan bagi siswa/i nya seseorang guru haruslah menjadi guru yang profisional.

    utk menjadi seorang guru profisioanal seseorang harus memiliki hal-hal sbb;

    1. knowledge/ ilmu pengetahuan
    2. experiencies/ keterampilan, dan
    3. integritas/ etika dan moral yang baik

    ketiga hal ini haruslah melekat pada guru yg profisional

    sek.piu p2dtk

  2. piu_p2dtk, jakarta said,

    June 8, 2009 at 9:49 am

    good news, go a head
    thks

    piu jkt

  3. Abdulhakim Languha said,

    August 27, 2009 at 4:37 am

    Sungguh menarik serta mengharukan cerita “pendidikan” dari Poso.
    Apalagi liat fotonya, Annas mungkin masih ingat kegiatan kita di kawasan Dongi dongi Poso/Donggala yang merupakan buffer zone Taman Nasional Lore Lindu. Karena masyarakatnya hidup terpencar – pencar dan tidak ada sekolah, maka ” Mobile Class” jadi alternatif. Sistem belajarnya pun gunakan metode PAKEM. Mungkin bagus untuk masyarakat Wana di Morowali.
    Dalam kaitan itu, saya setuju pernyataan Sek. PIU P2DTK yang 3 poit di bawah ini :
    1. knowledge/ ilmu pengetahuan
    2. experiencies/ keterampilan, dan
    3. integritas/ etika dan moral yang baik

    ketiga hal ini haruslah melekat pada guru yg profisional, apalagi kalau inovasi KM di bidangnya, OK…! Mudah mudahan tim saya juga bisa begitu bos. Sukses Bosss…!

    PMC Kalteng


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: