Program Magang

foto009PALU – Sedikitnya 26 guru SD dan SMP dari Kabupaten Poso, magang selama sepuluh hari di SDN 15 Palu. Menurut kepala SDN 15 Palu, Sukarji S.Sos, para guru magang itu, memulai kegiatannya sejak Senin kemarin senin 16 maret 2009
Dalam proses magang, ada sejumlah agenda yang bakal dipelajari peserta magang. Yakni proses administrasi kelas, KBM, penataan lingkungan, melihat langsung guru pada saat mengajar, pelaksanaan ulangan harian, alat peraga sampai dengan pelaksanaan les sore hari dan administrasi kepala sekolah.
“Terus terang saja kami bangga dengan adanya kunjungan guru dari Poso tersebut, karena ingin mendapatkan banyak pengetahuan tambahan perihal program yang selama ini sudah berjalan di sekolah. Kami dengan senang hati akan membantu ? apa saja yang dibutuhkan para guru selama dalam proses magang,”katanya
SDN 15 Palu menurut Sukarji, selalu menjadi rujukan bagi sekolah sekolah lainnya yang berada di luar Kota Palu yang ingin magang. Hal ini merupakan suatu kepercayaan bahwa sejak SDN 15 Palu menjadi sekolah pelaksanan SSN dan selalu mewakili Kota Palu dan provinsi pada tingkat nasional dalam lomba olimpiade. Olehnya, tidak heran jika SDN 15, dinilai banyak sekolah layak dijadikan referensi dalam pengembangan programnya.
Selain mengunjungi SDN 15 Palu, urai Sukarji menambahkan, guru dari Poso itu juga mengunjungi sejumlah sekolah di Kota Palu. Mereka juga mempelajari hal yang sama sepertidiSDN 15 Palu.
Sementara itu, Sekretaris Unit Pengelola Kegiatan Daerah (UPKD) Bidang Pendidikan Program P2DTK Kabupaten Poso, Agustinus Lengkoan yang mewakili kunjungan guru Poso tersebut, mengatakan bahwa pihaknya ingin lebih meningkatkan pengetahuan dan mutu di sekolah. Maka diprogramkanlah kegiatan magang singkat bagi guru guru pilihan dari sejumlah sekolah di Poso untuk mempelajari pro¬gram di sejumlah sekolah yang ada di Kota Palu. Dan kebetulan sekolah sekolah yang dikunjungi tersebut adalah sekolah yang sudah diperhitungkan baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Termasuk juga status sekolah yang sudah mendapat kepercayaan dari Depdiknas seperti SSN dan RSBI.
“Selama sepuluh hari menjalani proses magang, diharapkan apa yang telah diperoleh dapat sesegera mungkin diaplikasikan di sekolah masing-masing dan kalau perlu dibagi ke sekolah lainnya. Pemerintah daerah sendiri akan memberikan dukungan penuh terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Poso,”pungkas Agustinus.(suf- radar sulteng)

Dikutip Dari Berita Radar Sulteng, Tanggal 17 Maret 2009

%d bloggers like this: