DESKRIPSI PROSES PENANGANAN DAN PENYELESAIAN MASALAH APRIL 2009

DSC04680Dibawah ini, dapat kami sajikan kemajuan kegiatan yang telah dilaksanakan dan permasalahan-permasalahannya, baik yang sudah mendapatkan penanganan sampai selesai maupun masalah yang masih dalam proses penanganan, dan disajikan berdasarkan perwilayah kabupaten sasaran program PNPM DTK Sulawesi Tengah..

1. Kab. Banggai

Di dalam pelaksanaan kegiatan Fisik maupun Non Fisik khususnya ditingkat Kecamatan dari 6 kecamatan sasaran program, sudah ada lima (5) kecamatan yang telah mencapai pelaksanaan 100 %, dan kecamatan lainnya sedang dalam proses penyelesaian kegiatan.

Untuk kegiatan di kabupaten, kegiatan UPKD pendidikan dan UPKD kesehatan telah selesai 100%, sedangkan untuk UPKD infrastruktur, proses kegiatan yang sudah dicapai 75,19 %.

Dari 6 (enam) kecamatan sasaran program, untuk pelaksanaan siklus 3 telah melaksanakan musyawarah sosialisasi kecamatan dan musyawarah sosialisasi desa, tetapi musyawarah sosialisasi dusun, FGD, musyawarah desa penetapan kebutuhan masih sementara berjalan.

Ditingkat kabupaten, dari semua kegiatan yang direncanakan untuk bulan april 2009 yang telah diselesaikan yakni : pelatihan penguatan UPK kecamatan, penyaluran buku-buku pustaka dan buku mata pelajaran disekolah, pelatihan bidan siaga dan pemberian MP ASI pabrik ke puskesmas, sedangkan untuk bidang infrastruktur telah dilaksanakan kegiatan fisik pihak III dan swakelola.

Sejalan dengan proses kegiatan yang sedang dijalankan baik di kecamatan maupun di kabupaten, terdapat beberapa permasalahan yang menjadi kendala dalam melancarkan pelaksanaan kegiatan program dilapangan, dapat kami sebutkan sebagai berikut:

Untuk kategori permasalahan implementasi, di kecamatan Luwuk masalah adanya indikasi penyalahgunaan dana kegiatan oleh bendahara UPK, hal ini masih dalam proses penanganan melalui upaya penelusuran terhadap informasi dengan konfirmasi langsung ke bendahara UPK dan diusahakan melalui rapat interen UPK untuk memperoleh kepastian kebenarannya, sehingga diharapkan nantinya pengurus UPK dalam menjalankan tugasnya benar-benar lebih tertib, terkontrol, dan terbuka. Masih di kec. Luwuk masalah mengenai pelayanan bendahara UPK kurang maksimal dan pemotongan dana program tanpa sepengetahuan ketua UPK, hal ini juga masih dalam proses penanganan dengan upaya sementara mengalihkan tugas bendahara ke Ketua UPK yg di bantu sekretaris UPK. Diupayakan dibuat kesepakatan dengan bendahara UPK dalam bentuk tertulis yang isinya pernyataan pertanggungjawaban atas perbuatannya, serta diupayakan juga kedepan ketua, sekretaris dan bendahara UPK benar-benar memahami Tupoksi masing-masing dan dapat menjalin kerja sama yang lebih baik..

Sedangkan permasalahan manajerial yang sudah selesai penanganannya yaitu di desa Dongin Kec. Toili Barat kab Banggai yang mana Salah satu FD mengundurkan diri sehingga proses perencanaan di desa agak terhambat. Hal ini telah selesai ditangani dengan melakukan musyawarah pergantian FD yang difasilitasi oleh kades dan FD pengganti telah terpilih kembali.

Di Desa Binsil Padang Kec. Bualemo bahwa mandor kesulitan mengawasi pekerjaan karena tidak memegang desain. Hal ini telah selesai ditangani melalui koordinasi dengan TPK desa, dan TPK desa akan memperlihatkan/menempelkan Desain dan RAB di Papan Informasi sekaligus menjadi pegangan mandor untuk pekerjaan dilapangan. Masalah berikutnya di desa Binsil Padang yaitu Salah satu pekerja Riol melapor ke FK dan ketua UPK bahwa bendahara telah memberhentikan para pekerja tanpa ada pemberitahuan atau koordinasi langsung dengan mandor atau para pekerja sehingga para pekerja akan menghancurkan pemb. Riol yang sementara dikerjakan. Hal ini penanganannya telah selesai dilakukan oleh FK bersama dengan PL dan UPK dengan melakukan koordinasi kepada kedua belah pihak, dan ternyata telah terjadi kesalahpahaman antara pekerja dengan bendahara TPK desa, ini dikarenakan kurangnya koordinasi antara TPK desa dengan mandor sebagai penanggung jawab pekerjaan di lapangan. Terkait dengan ini telah diselesaikan dengan baik dan lancar dalam musyawarah antara TPK desa, pekerja dan Mandor, dan diharapkan kedepan antar pelaku-pelaku tersebut benar-benar dapat terjadi koordinasi yang baik serta kerja sama yang baik pula.

Di desa Toiba Kec. Bualemo masalahnya antara ketua dan bendahara TPK desa tidak ada koordinasi sehingga melaksanakan kegiatan selalu mengalami kesulitan. Masalah ini telah selesai penanganannya, yang mana telah dikoordinasikan dan diberikan evaluasi kepada Ketua dan bendahara bahwa dalam pelaksanaan kegiatan yang selalu diperhatikan adalah koordinasi dan kerja sama tim, dengan demikian dipastikan pengurus TPK desa solid dalam melaksanakan kegiatan.

Masih di kec. Bualemo masalahnya adalah tidak terserapnya semua dana DOK luncuran ’09 dari KPPN karena sudah tertutupnya batas pencairan oleh KPPN. Masalah ini telah terkoordinasi dengan TK kab, Satker, dan KM Kab dan nantinya kedepan jumlah dana yang tidak terserap tersebut diusahakan akan dibuatkan kembali pengajuannya berdasarkan mekanisme program dan atau sesuai prosedur pencairan di KPPN.

2. Kab. Tojo Una-Una

Pada bulan april ’09 kegiatan tahap perencanaan untuk siklus 3 yang mana saat ini telah memasuki kegiatan IMPG ditingkat desa dengan menggunakan sisa dana DOK 2007 dan 2008, termasuk kegiatan lainnya seperti musyawarah pemuda 1 dan 2 di kec. Ampana Kota dan kegiatan musyawarah desa khusus perempuan serta musyawarah desa penetapan kebutuhan di kec. Togean.

Kegiatan bidang kesehatan dan bidang pendidikan di kabupaten bahwa pelaksanaannya masing-masing sudah mencapai 100% baik siklus 1 maupun siklus 2, termasuk kegiatan untuk bidang infrastruktur di kabupaten pelaksanaan pekerjaan dilapangan juga kemajuan fisiknya telah mencapai 100% baik di kec. Ampana Kota maupun di kec. Togean. Sedangkan untuk penyaluran BLM kepihak III baik siklus 1 dan siklus 2 sudah menarik tahap III (90%). Kemudian untuk bulan ini juga pihak III sedang menyiapkan penarikan tahap IV, karena dana BLM tahap IV baru cair ke UPKD.

Khusus pelaksanaan kegiatan fisik dan non fisik didua kecamatan, kec. Ampana kota dan kec. Togean untuk siklus 1 telah mencapai 100%. Sedangkan untuk kegiatan siklus 2 didua kecamatan tersebut rata-rata sudah mencapai 90%.

Selain dari pada itu, ada beberapa permasalahan yang dihadapi dibulan april ’09 seperti masalah manajerial yang terjadi dilapangan dan masih dalam proses penanganan adalah di desa Padang Tumbuo kec. Ampana Kota masalahnya pipa sambungan ada yang bocor sehingga air dikran umum kurang lancer. Hal ini sedang diupayakan penanganannya melalui koordinasi/konfirmasi kepihak III untuk dimintakan segera memperbaiki kembali sambungan pipa yang bocor dan diupayakan adanya pipa pembuang untuk menghindari tekanan air yang tinggi, dan setelah perbaikan itu dipastikan semua jaringan pipa dalam kondisi yang baik.

Adapun permasalahan yang telah selesai penanganannya yaitu di kel. Uentanaga Atas kec. Ampana Kota masalahnya pipa jaringan air, ada yang belum ditimbun. Masalah ini telah dimusyawarahkan dengan pihak III, yang mana diminta untuk segera menyelesaikan penimbunan jaringan air yang sudah dipasang dan ditambah dengan bantalan dibawah pipa yang cukup, dan setelah perbaikan dilakukan, jaringan air bersih itu dipastikan tertanam dengan baik.

Desa Baulu Kec. Togian terjadi masalah timbunan tanggul penahan tanah kurang rata dan tidak dipadatkan. Masalah ini juga telah dimusyawarahkan dengan pihak III untuk perlu menambah timbunan dan memadatkannya sehingga tidak turun saat kena hujan, dan dipastikan timbunan tanggul padat dan rata setelah pekerjaan dilakukan.

Desa Katupat Kec. Togian masalah tanggul abrasi pantai retak pada sambungan. Masalah ini juga telah dimusyawarahkan dengan pihak III untuk perlu segera melakukan perbaikannya dengan menambah adukan semen sehingga retakan menyatu atau kuat kembali, dan setelah perbaikan tanggul abrasi pantai dipastikan baik dan kuat kembali.

Di Kec. Togian masalah untuk pelaksanaan BLM kabupaten tenaga kerja belum dibayar lunas oleh pihak III. Masalah ini juga telah dimusyawarahkan dengan pihak III yang mana diminta untuk segera melakukan pembayaran upah tenaga kerja yang tertunggak, dan akan dipastikan tenaga kerja seluruhnya menerima upah kerja masing-masing.

3. Kab. Poso

Berkenaan dengan kemajuan kegiatan yang telah dicapai di kab. Poso pada bulan april ’09 dapat kami sajikan sebagai berikut:

Realisasi kemajuan pelaksanaan kegiatan BLM kabupaten TA. 2007 yang dilaksanakan oleh masing-masing UPKD (Bidang pendidikan, bidang kesehatan dfan bidang infrastruktur) telah mencapai 100% baik fisik maupun keuangan

Telah dilaksanakan pelatihan Financial Management bagi TPK kab, UPKD dan KM Kab pada tanggal 29 – 30 april di Kota Palu

Kegiatan tingkat kecamatan adalah pendampingan dan pembuatan RAB DOK TA. 2009 dan persiapan pelaksanaan siklus 3 tahun 2009.

Disamping itu pula dalam pelaksanaan kegiatan program ada beberapa masalah yang muncul utamanya masalah-masalah manajerial dan sementara masih dalam proses penanganan.

Ditingkat kabupaten adanya masalah temuan dari audit BPKP tentang PPh psl 21 yaitu pajak penghasilan bagi PNS gol. III keatas yang mendapatkan honor sebagai pemateri dari kegiatan program belum dibayar. Masalah tersebut sedang diupayakan penanganannya melalui koordinasi dengan TK kab, PPK kab dan KM Prov agar benar-benar dapat memperoleh solusi yang baik, dan terkait dengan itu bagi konsultan lapangan sangat membutuhkan dasar hukum yang jelas dan pasti dari manajemen program sebagai pegangan dalam pendampingan mengenai hal dikenakan atau tidaknya pajak bagi dana Loan.

Masih di kabupaten yaitu masalah musyawarah sosialisasi kabupaten belum terlaksana. Masalah ini sedang diupayakan penanganannya melalui koordinasi dengan TK kab, PPK kab agar dapat dilaksanakan dalam waktu yang dekat, dan direncanakan akan dilaksanakan dibulan mei ’09. Ditingkat kabupaten juga masalah pembaharuan SK PP-Kom kecamatan belum ada. Masalah ini sedang diupayakan penanganannya melalui koordinasi dengan TK kab, PPK kab agar dapat diusahakan segera diterbitkan SK PPKom kecamatan. Dan proses sementara sedang menunggu nama2 yang diusulkan camat sebagai Tim Koordinasi Kecamatan.

Kemudian, untuk masalah ditingkat kecamatan di kec. Lore Tengah, Kec. Lore Selatan, Kec. Pamona Utara, Kec. Lage, Kec. Poso Pesisir Selatan, Kec. Poso Pesisr Utara, kec. Pamona Barat dan kec. Poso kota yaitu masing-masing masalahnya terhadap musyawarah sosialisasi kec. Siklus 3 yang belum terlaksana. Terkait hal ini sedang diupayakan dikoordinasikan dengan pelaku yang terkait di kecamatan agar dapat diusahakan segera dilaksanakan kegiatan tersebut, yang direncanakan dilaksanakan bulan mei ’09. Dan proses sementara masih menunggu selesainya pelaksanaan musyawarah sosialisasi kabupaten siklus 3 dan pencairan DOK ’09.

Khusus di kec. Pamona Timur masalah yang lain yaitu sisa usulan yang belum terdanai pada siklus 1 dan siklus 2 banyak yang tidak relevan lagi untuk didanai disiklus 3 dan masalah musyawarah sosialisasi kecamatan siklus 3 juga belum terlaksana. Terkait dengan masalah ini sedang diupayakan untuk dikonfirmasikan kembali kemasyarakat mengenai prioritas usulan masyarakat tersebut. Dan masih dikoordinasikan kepelaku yang terkait mengenai rencana kegiatan selanjutnya untuk dapat dilaksanakan pada bulan mei ’09. Proses sementara juga masih menunggu selesainya pelaksanaan musyawarah sosialisasi kabupaten siklus 3 dan pencairan DOK ’09.

4. Kab. Morowali

Sampai bulan april 2009 pelaksanaan kegiatan program di kabupaten Morowali dapat kami sebutkan secara singkat sebagai berikut:

Musyawarah sosialisasi program siklus 3 telah dilaksanakan di 8 (delapan) kecamatan sasaran.

Kec. Bungku Barat dan Bahodopi telah melaksanakan musyawarah desa penetapan.

Proses lelang kegiatan pengadaan buku mata pelajaran oleh UPKD pendidikan TA. 2007 telah selesai dilakukan.

Kegiatan UPKD kesehatan TA. 2007 telah mencapai 100%, sementara TA. 2008 sudah mencapai 80%.

Didalam pelaksanaan kegiatan program dilapangan tidak dapat dihindari munculnya masalah-masalah yang tentunya sedikit banyak dapat menghambat lancarnya pelaksanaan kegiatan. Dan masalah manajerial adalah masalah yang dominan terjadi di kab. Morowali, serta dari permasalahan yang ada statusnya masih dalam proses penanganan seperti dibawah ini:

Ditingkat kabupaten muncul masalah tentang belum dilaksanakannya pengadaan buku referensi/alat peraga untuk kegiatan bidang pendidikan. Dalam hal ini sedang dilakukan upaya koordinasi dengan satker dan UPKD agar lebih memperoleh kejelasan pelaksanaannya, sehingga diharapkan kegiatan pengadaan tersebut dapat segera dilakukan secara transparan dan dapat terkontrol dengan baik.

Selanjutnya masalah kondisi PLN di kab. Morowali sangat memprihatinkan karena lebih sering padam dari pada menyala dan dampaknya pekerjaan administrasi kantor terhambat. Terkait masalah ini sedang dilakukan upaya koordinasi kepihak perusahaan atau team leader agar secepatnya memperhatikan kendala serta kebutuhan energi listrik dikantor KM Kabupaten agar dapat dipertimbangkan melalui pengadaan mesin listrik (genset).

Dan masalah lainnya dikabupaten adalah masih ada kontrak pihak III yang belum dibuat. Terkait hal ini sementara dikoordinasikan dengan UPKD dan satker agar dapat secepatnya dibuat kontrak dengan pihak III jika semua persyaratan telah dipenuhi oleh pihak III, sehingga pelaksanaan pekerjaan oleh pihak III tidak terhambat serta prosedur program berjalan baik.

Selanjutnya, permasalahan ditingkat kecamatan yaitu di kec. Mamosalato masalah yang pertama yaitu Lokasi pembangunan bronjong dari dana BLM kabupaten masih belum jelas. Hal ini masih dalam upaya proses koordinasi dengan pihak UPKD dan KM kab, karena seharusnya lokasi pembangunan sudah final semua, dan dari hasil koordinasi itu diharapkan mendapat kejelasan atau KM Kab dan UPKD melakukan kembali survey dilapangan untuk memastikan kesiapan lokasi dimaksud. Masalah kedua yaitu hubungan TPK desa dengan Kades yang kurang harmonis. Terkait masalah ini sedang diupayakan koordinasi kepelaku-pelaku yang terkait langsung, dan diusahakan dilaksanakan musyawarah untuk membangun kesamaan persepsi dalam mewujudkan kerja sama pelaku untuk melaksanakan program dilapangan. Diupayakan juga masing-masing pelaku yang ada dapat mengoptimalkan perannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam program. Masalah ketiga yaitu sekretaris TPK desa mengundurkan diri. Untuk masalah ini telah selesai penanganannya melalui pergantian pelaku yang dilakukan melalui musyawarah didesa.

Di kec. Bungku Utara desa Kalombang masalah terjadi keterlambatan mencairkan BLM 2007 karena permintaan camat untuk mengalihkan anggaran ke desa Saliti yang tidak terdanai diperengkingan, dengan alasan desa Kalombang sudah mempunyai banyak sumur gali, sedangkan desa Saliti masih sangat membutuhkan jamban keluarga. Penanganan masalah tersebut telah selesai dilakukan dengan upaya KM Kab mengkoordinasikan langsung dengan camat, bahwa pengalihan sebuah kegiatan harus melalui forum atau sesuai mekanisme yang ditetapkan dan camat dapat memahami mekanisme program yang sedang dilaksanakan.

Kec. Soyo Jaya masalahnya kegiatan 2009 masih belum berjalan baik dan terlaksana secara maksimal. Dalam hal ini sedang diupayakan penanganannya melalui KM kab yang mengkoordinasikannya kepada pihak Bappeda atau satker karena hambatannya menyangkut keterlambatan pencairan dana di KPPN, dan diusahakan agar pencairan dana secepatnya dilakukan agar kegiatan dapat berjalan maksimal.

Di kec. Lembo masalahnya pihak pelaksana pekerjaan/kontraktor belum memasang papan informasi dilokasi proyek. Penanganan masalah ini sedang diupayakan melalui konfirmasi dengan pihak III agar dapat segera memasang papan proyek dilokasi pekerjaan, hal itu penting dilakukan karena merupakan media informasi kemasyarakat tentang status proyek yang akan dikerjakan yang hasilnya juga untuk dimanfaatkan oleh masyarakat, dan masyarakat dapat lebih mengontrol jalannya pekerjaan.

Di kec. Bungku Barat masalahnya yaitu satker kabupaten lambat mengurus pencairan. Untuk itu sedang diupayakan agar proses pencairan di KPPN secepatnya diurus oleh satker dan dipandang perlu dilakukan konsolidasi dan sosialisasi tentang optimalisasi program di Bappeda (satker & TK) agar lebih proaktif mendukung program. Masalah berikutnya mengenai belum seluruhnya Desain / RAB dan revisinya dibuat atau disiapkan. Terkait hal ini penanganannya sedang diupayakan melalui konfirmasi dengan Tim Desain dan RAB serta kepada pelaku yang terkait agar penyiapan revisi desain/RAB sudah harus selesai dilakukan, sehingga pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan kembali sesuai target waktu yang telah ditentukan.

Kec. Bungku Tengah terjadi masalah mengenai terlambatnya pembangunan fisik, karena masyarakat dan pengurus disibukkan oleh pemilu. Dalam penanganan masalah ini sedang diupayakan untuk melakukan motivasi kepada TPK Desa sebagai penanggung jawab pelaksanaan kegiatan dilapangan dan masyarakat yang terlibat dalam pekerjaan agar pelaksanaan pekerjaan fisik yang sudah berjalan dapat dilanjutkan dan bisa secepatnya selesai sesuai target waktunya.

Kec. Bahodopi masalahnya yaitu satker kabupaten lambat mengurus pencairan. Untuk itu sedang diupayakan agar proses pencairan di KPPN secepatnya diurus oleh satker dan dipandang perlu dilakukan konsolidasi dan sosialisasi tentang optimalisasi program di Bappeda (satker & TK) agar lebih proaktif mendukung program. Dan masalah lainnya adalah Tim Pengawas kegiatan didesa pengetahuannya sangat terbatas. Terkait penanganannya sedang diupayakan melakukan motivasi, bimbingan dan kunjungan kepada Tim pengawas di desa-desa, sehingga Tim Pengawas memperoleh pencerahan terhadap ruang lingkup tugas yang dijalankannya dan bisa memahami tanggung jawabnya selaku Tim Pengawas.

Demikian laporan ini dibuat sebagai gambaran singkat proses penanganan atau penyelesaian pengaduan dan masalah dilapangan.

Lebih dan kurangnya mohon masukan dan kritikan yang membangun demi perbaikannya kedepan. Terimakasih.- (Abdul Razak. HCU Sulteng)

1 Comment

  1. NoLiN said,

    December 18, 2011 at 7:48 pm

    turutt prihatin,,,,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: