AIR SO DEKAT

AIR SO DEKAT

Dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Kecamatan Tahun Anggaran 2009 sebesar Rp. 185.100.000 dilaksanakan di 1 Desa saja dari 9 Desa yang menjadi sasaran Program P2DTK. Desa tersebut adalah Desa Malino, salah satu Desa yang cukup terisolir dan susah dijangkau dengan kendaraan, di wilayah atas Kecamatan Soyo Jaya. Setiap Tahun masalah air bersih selalu dimasukan ke dalam musrembang Desa sampai dengan Kecamatan dan Kabupaten. Namun permasalahan tersebut belum dapat teratasi melalui PEMDA Morowali. Sehingga disaat penggalian gagasan untuk alokasi dana BLM Kecamatan Tahun anggaran 2009, masyarakat sangat antusias sekali mengusulkan permasalahan tersebut untuk didanai oleh program. Sebab sebelumnya masyarakat sudah merasakan manfaat kegiatan program P2DTK. Pada saat kegiatan berlangsung, swadaya sangat besar diberikan oleh masyarakat, saat pekerjaan berlangsung masyarakat membagi 6 kelompok kerja dengan anggota sekitar 17-25 orang per kelompok dan 1 kelompok khusus guru-guru berjumlah 8 orang. Kegiatan tersebut juga dapat disebut sebagai kegiatan antar Desa, karena sumber mata air melewati 1 Desa yaitu Desa malino jaya yang merupakan desa tetangga malino. Jarak sumber air dari Desa malino adalah 5 kilo meter, sehingga membutuhkan biaya yang cukup besar dan peran masyarakat yang sangat besar dalam pelaksanaannya. Nilai swadaya diperkirakan mencapai RP. 44.135.000 (laporan FK Soyo Jaya). Nilai swadaya tersebut dihitung berdasarkan upah HOK (harian orang kerja) yang tidak dibayarkan dan kontribusi dalam bentuk dana langsung untuk konsumsi saat kegiatan. Masyarakat sangat puas setelah kegiatan tersebut dilaksanakan, karena mereka sudah lama membutuhkan sarana air bersih yang dapat menjamin kebutuhan hidup sehari-hari. Semoga program tersebut terus ada, karena manfaatnya sangat besar bagi masyarakat…..begitulah harapan sebagian besar masyarakat (Hend P2DTK)

2 Comments

  1. sahabatnmc said,

    August 9, 2011 at 5:18 pm

    Terima kasih atas tulisan-tulisan Hendly, salut untuk P2DTK sulteng,
    beberapa tulisan hendly sangat membantu kami dalam memberikan informasi sehubungan dengan perubahan dan dampak dari kegiatan P2DTK khususnya di Sulteng.

    beberapa masukan dalam memberikan informasi sehubungan dengan tulisan best practise atau succes stori pelaksanaan kegiatan :

    1.Terkait dengan informasi apa yang ingin disampaikan, sederhana saja, menarik untuk dibaca, ringan, singkat, padat dan jelas (tidak perlu panjang-panjang, laporan kali..)
    2.Terkait dengan sasaran pembaca, tulisan ini nanti akan menjadi konsumsi pelaku-pelaku pemberdayaan khususnya serta masyarakat umumnya. Kemukakan apa yang membedakan P2DTK dengan program pemberdayaan yang lain.
    3.Terkait dengan isi tulisan, keberhasilan program, berdampak pada orang banyak, dapat mempengaruhi, menginspirasi, berdasarkan fakta, (tidak umum, langka, belum banyak diketahui)

    membuat tulisan ibarat membuat lagu ( karaokean yuk …..)
    1. intro pembuka = paragraf pembuka terkait tema ringkasan atau kutipan
    2. Lagu = Isi berita (5W1H), kondisi – dulu sekarang – proses
    3. Interlude = (Komentar-komentar)
    4. intro penutup = hasil, dampak, harapan,

    tulisan diatas sekedar masukan saja, terima kasih atas tulisan hendly, update terus yah…. salam !!! mantappp….

    al

  2. heandly said,

    August 23, 2011 at 4:46 pm

    pak udin,,trima kasih ats dukungannya untuk mempubliksikan best practice yg sdah kita buat,..trima kasih juga untuk smua pelaku program di Kecamatan yg sdah memberi kontribusi terhdap pelaksanaan program P2DTK….salam sukses dri morowali (Hend)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: